Wisata Tuban

22 April 2010 at 15:05 Tinggalkan komentar

Tuban merupakan kabupaten yang terletak di bagian utara propinsi Jawa Timur,100 km sebelah barat Surabaya Berbatasan dengan Laut Jawa pada bagian utaranya.Selain dikenal sebagai kabupaten penghasil kacang terbaik dan juga dikenal sebagai kota TUAK (minuman yang berasal dari pohon bogor ),Tuban juga merupakan kota yang memiliki banyak objek wisata.Goa NGERONG misalnya.

Ngerong terletak di kecamatan Rengel,30 km selatan kota Tuban.Obyek wisata ini menawarkan keindahan aliran sungai yang kengalir dari dalam goa. Air disungai ini tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau. Anda juga dapat berenang bersama ratusan ikan dengan berbagai jenis yang ada dalam sungai tersebut.Bukan hanya itu saja , didalam goa tersebut juga di huni oleh ribuan kelelawar .Untuk menjangkau lokasi tersebut sangatlah mudah, karena obyek wisata ini terletak persis di jalan raya Tuban Bojonegoro.

Selain Goa ngerong masih terdapat lagi obyek wisata yang tidak pernah sepi pengunjung,yaitu Makam Sunan Bonang.Sunan Bonang merupakan salah satu dari wali songo, penyebar agama islam di pulau Jawa. Setiap hari Makam Sunan Bonang dikunjungi oleh para peziarah.Pada saat-saat tertentu jumlah wisatawan yang datang bisa mencapai seratus kali lipat dari hari-hari biasanya.Misalnya saat haul Sunan Bonang yang diperingati setiap malam Jum’at wage,bulan Syuro.Makam Sunan Bonang terletak di sebelah selatan masjid Agung Tuban atau sebelah barat alun-alun kota Tuban.

Tuban juga mempunyai obyek wisata berkelas internasional,klenteng KWAN SING BIO.Klenteng ini merupakan klenteng terbesar di kawasan Asia Tenggara,sehingga tak mengherankan jika pengunjungnya juga berasal dari kawasan Asia Tenggara.Klenteng ini juga memiliki kekhasan tersendiri.Jika kebanyakan klenteng memilih naga sebagai symbol,namun klenteng ini justru memilih kepiting sebagai simbolnya.Selain itu posisinya yang menghadap ke laut menjadikan daya tarik tersendiri.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Museum Mpu Tantular Asal Usul Telaga warna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


dibaca

  • 21,868 kali

Pos-pos Terbaru


%d blogger menyukai ini: